Jumat, 11 Maret 2011

Air Dengan Molekul Anehnya

Air, mempunyai beberapa sifat fisika dan kimia yang aneh.
¤ Air dapat berwujud gas (uap), cair dan padat (es) pada rentang suhu yang kecil.
¤ Semua es batu mengapung. Pada wujud padat biasanya jarak partikel-partikel materi akan lebih rapat daripada dalam bentuk cair, sehingga zat padat akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam zat cair. Tapi air berbeda, wujud padatnya kurang rapat dibandingkan bentuk cairnya sehingga air dapat mengapung. Bayangkan apa yang terjadi jika es tenggelam ke dasarnya, maka kehidupan bawah air (sungai, laut, danau, kolam) akan musnah karena tertimpa bongkahan-bongkahan es dari permukaan. Dan keuntungan lainnya, es mengapung di permukaan dapat menjaga kondisi suhu bawah air. Permukaan laut atau danau yang beku menahan suhu minus sampai ke dasar, sehingga kehidupan dasar laut tidak ikut membeku dan tetap dapat beraktivitas.
¤ Titik didih air sangat tinggi yaitu 100'C sedangkan senyawa lain dengan berat molekul yang hampir sama memiliki titik didih yang jauh lebih rendah.
¤ Air dapat melarutkan berbagai macam zat kimia, terutama senyawa polar. Bahkan ada yang menyebut air adalah pelarut universal karena dapat melarutkan banyak bahan kimia.
¤ Air dapat menyerap panas bumi.
Air memiliki beberapa sifat aneh karena memiliki ikatan kovalen polar.

Tidak ada komentar: